Fish

Sabtu, 16 Juli 2011

Cara Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan — Belajar itu adalah kebutuhan. Tanpa belajar mustahil kita bisa tahu dan mengerti tentang banyak hal. Belajar dimulai saat kita masih dalam kandungan dan sampai akhir kita menutup mata. Tapi jika menilik pada jaman sekarang ini, sepertinya anak-anak itu susah sekali apabila disuruh belajar. Trus gimana mau pinter kalo belajar aja gak mau?
Perkembangan anak jaman sekarang bila dibandingkan sama jaman dahulu sich beda banget, kenapa bisa? Lihat aja, orang jaman dulu tuch semangat belajarnya tinggi gak kaya anak jaman sekarang melempem semuanya. Harusnya di era yang serba modern gini, mereka harus lebih semangat karena semua fasilitas yang mereka butuhkan udah tersedia lengkap.
Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk belajar efektif dan menyenangkan. Tips ini juga bisa Anda terapkan bagi anak-anak Anda yang kurang bersemangat dalam belajar. Anda harus memberikan pengertian bahwa tanpa belajar kita tidak akan pernah tau tentang banyak hal. Gimana Negara kita mau maju kalo generasi penerus bangsanya aja malas-malas?
Cara Belajar Efektif:
1.Bermain dengan kata.
Gaya ini bisa kita mulai dengan mengajak seorang teman yang senang bermain dengan bahasa, seperti bercerita dan membaca serta menulis. Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa
membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.
2.Bermain dengan pertanyaan.
Bagi sebagian orang, belajar makin efektif dan bermanfaat bila itu dilakukan dengan cara bermian dengan pertanyaan. Misalnya, kita memancing keinginan tahuan dengan berbagai pertanyaan. Setiap kali muncul jawaban, kejar dengan pertanyaan, hingga didapatkan hasil yang paling akhirnya atau kesimpulan.
3.Bermain dengan gambar.
Jika Anda orang yang lebih suka belajar dengan membuat gambar, merancang, melihat gambar, slide, video atau film. Anda biasa memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu.
4.Bermain dengan musik.
Detak irama, nyanyian, dan memainkan salah satu instrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyak orang yang suka mengingat beragam informasi dengan cara mengingat notasi atau melodi musik. Ini yang disebut sebagai ritme hidup. Mereka berusaha mendapatkan informasi terbaru mengenai beragam hal dengan cara mengingat musik atau notasinya yang kemudian bisa membuatnya mencari informasi yang berkaitan dengan itu. Misalnya mendegarkan musik jazz, lalu tergelitik untuk mengetahui bagaimana lagu itu dibuat, siapa yang membuat, dimana, dan pada saat seperti apa lagu itu muncul. Informasi yang mengiringi lagu itu,bisa saja tak sebatas cerita tentang musik, tapi juga manusia,teknologi, dan situasi sosial politik pada kurun waktu tertentu.
5.Bermain dengan bergerak.
Gerak manusia, menyentuh sambil berbicara dan menggunakantubuh untuk mengekspresikan gagasan adalah salah satu cara belajar yang menyenangkan. Mereka yang biasanya mudah memahami atau menyerap informasi dengan cara ini adalah kalangan penari, olahragawan. Jadi jika Anda termasuk kelompok yang aktif, tak salah mencoba belajar sambil tetap melakukan beragam aktivitas menyenangkan seperti menari atau berolahraga.
6.Bermain dengan bersosialisasi.
Bergabung dan membaur dengan orang lain adalah cara terbaik mendapat informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan
mudah memahaminya. Dan biasanya, informasi yang didapat dengan cara ini, akan lebih lama terekam dalam ingatan.
7.Bermain dengan Kesendirian.
Ada sebagian orang yang gemar melakukan segala sesuatunya, termasuk belajar dengan menyepi. Untuk mereka yang seperti ini, biasanya suka tempat yang tenang dan ruang yang terjaga
privasinya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, maka memilikikamar pribadi akan sangat membantu Anda bisa belajar secara mandiri.
Cara Belajar Menyenangkan:
1. Cari tempat yang menyenangkan
Anda bisa belajar di mana saja, tapi pilihlah tempat yang menyenangkan bagi anda. Mungkin juga bisa belajar di kamar tidur, kamar makan, ruang keluarga, dan kamar mana saja yang menurut anda menyenangkan, asal jangan di kamar mayat yah… hiii atut.
2. Cari suasana yang menyenangkan
Cobalah belajar di tengah malam sekitar jam 03.00 dan sehabis Sholat Subuh. Insya allah ilmu akan lebih mudah dipahami daripada belajar di waktu-waktu yang lain.
3. Cari suasana hati yang menyenangkan
Anda tidak baik belajar ketika hati sedang gundah, sedang was-was, sedang marah, memendam kekecewaan dan masalah-masalah yang lain. Belajarlah ketika hati sedang tenang, pikiran sedang damai dan otak sedang mood.
4. Carilah teman belajar yang menyenangkan
Sebaiknya anda belajar bersama teman yang pintar agar bila anda menemui kesulitan, bisa bertanya kepadanya. Salah bila anda belajar bersama anak yang kemampuannya lebih rendah dari anda, jadi tambah pusssiiiing.
5. Carilah topik atau materi yang menyenangkan
Pelajarilah terlebih dahulu materi atau pokok bahasan yang menyenangkan. Bagaimana agar semua materi pelajaran bisa menyenangkan? Kuncinya adalah motivasi. Anggaplah semua materi pelajaran itu menyenangkan dan berguna untuk anda.
Ada banyak sekali cara belajar yang dapat anda lakukan dan anda pilih sesuai dengan kapasitas kemampuan anda. Mulailah dari sekarang untuk mencobanya agar anda lebih bersemangat dalam belajar. Ingatlah belajar itu kebutuhan bukan paksaan atau sekedar rutinitas saja.
Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan.
sumber : caratips.info

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar